Physical Society of Indonesia (PSI) Cabang SUMSEL sukses menggelar FGD dan Kuliah umum bersama

Acara FGD dan Kuliah umum Bersama yang diadakan oleh PSI cabang Sumsel berjalan lancar dan sukses pada hari sabtu tanggal 11 Juni 2022. Kegiatan ini diadakan untuk menjaga tali silahrahmi antar Program Studi Fisika dan Pendidikan Fisika di Seluruh Indonesia khususnya wilayah Provinsi Sumatera bagian Selatan. Physical Society of Indonesia (PSI) adalah organisasi profesi ilmiah untuk bidang Fisika dan Pendidikan Fisika yang merupakan nama baru dari Himpunan Fisika Indonesia (HFI). Pergantian nama ini dikarenakan dalam permohonan Pengesahan Badan Hukum kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia pada tahun 2017 tidak memungkinkan lagi menggunakan nama Himpunan Fisika Indonesia. Kepengurusan PSI terdiri dari Pengurus Pusat dan Pengurus Cabang. Pengurus cabang Sumatera Selatan diisi oleh Dosen-dosen Fisika dan Pendidikan Fisika dari Universitas di Sumatera bagian Selatan yaitu Universitas Sriwijaya, UIN Raden Fatah Palembang, Universitas Jambi, Universitas Bengkulu, UIN STS Jambi, UPGRI Palembang, STKIP Nurul Huda, UPGRI Silampari dan Universitas Bangka Belitung.

            Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua PSI Pusat yaitu Prof. Ir. Wahyu Srigutomo, M.Si., Ph.D. yang juga merupakan Dekan FMIPA Institut Teknologi Bandung (ITB). Ketua PSI Pusat sangat antusius dan mengapresiasi dengan kegiatan yang diadakan oleh PSI Cabang Sumsel. Ucapan terima kasih diucapkan oleh Ketua PSI Pusat kepada ketua PSI cabang Sumsel yang telah berhasil mengadakan kegiatan FGD dan Kuliah umum Bersama ini yang dapat mewadahi ide-ide dan hubungan Kerjasama antar prodi fisika dan Pendidikan fisika serta dosen-dosen atau Praktisi dari Fisika dan Pendidikan Fisika.

          Kegiatan diskusi dan pertemuan ilmiah diawali dengan pembahasan mengenai LAMSAMA dan LAMDIK menuju Akreditasi Unggul dengan narasumber dari Asesor BAN-PT yaitu Dr. Azhar Kholiq Affandi, M.S. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Penandatangan Kerjasama (MOU) antar Editor in Chief Jurnal Prodi dan PSI ataupun Kerjasama antara Prodi dan PSI Pusat. Kemudian rangkaian acara dilanjutkan dengan Kegiatan Kuliah Umum PSI cabang Sumatera Selatan dengan tema “Trend Riset Ilmu Fisika dan Pendidikan Fisika  dalam Menjawab Tantangan Global”. Adapun pembicara pada kuliah umum tersebut merupakan ahli-ahli pada bidangnya masing-masing seperti   Prof. Drs. Maison, M.Si., Ph.D. (UNJA), Dr. Iwan Setiawan, S.Si, M.Sc, (UNIB), Dr. Tanti, M.Si. (UIN STS Jambi),   Dr. Thoha Firdaus, M.Pd.Si. (UNHA), Syuhendri, M.Pd., Ph.D (UNSRI), Prof. Dr. Ida Sriyanti, S.Pd., M.Si. (UNSRI), Dr. Supardi, M.Si. (UNSRI), Patricia H.M. Lubis, Ph.D, CIQnR (UPGRI Palembang), Suhadi, S.Si., M.Si. (UIN Raden Fatah Palembang), Widodo Budi Kurniawan, M.Sc. (UBB).             Ketua PSI Pusat berharap kegiatan pertemuan ilmiah yang diwadahi oleh PSI cabang seperti yang telah dilakuakan PSI Cabang Sumsel dapat terus berlanjut dan dilaksanakan setiap tahun. Pertemuan Ilmiah seperti ini sangat bermanfaat bagi kemajuan program studi fisika dan Pendidikan fisika di seluruh Indonesia dan menjadi wadah dalam kolaborasi riset yang dapat menunjang kegiatan tridarma perguruan tinggi.

Foto-foto Kegiatan